Senin, 18 Oktober 2010

PERAN DAN FUNGSI GURU MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Anas Yulfan
STAIS Sepakat Segenep Kutacane Aceh Tenggara


ABSTRACT
Educators in the Koran is anyone who is responsible for the development of the students. In the Qur'an, the person most responsible for the education of children are parents (father and mother) protégé. The Qur'an greatly appreciate the knowledgeable people of knowledge, as well as the teaching profession, so that only those who deserve the same degree elevation and wholeness of life. The high role of teachers in view of the Qur'an is the realization of the teachings of Islam and Islam itself is to glorify the knowledge and apply it in life.

Kata Kunci: Fungsi Guru, Al-Qur’an

I. PENDAHULUAN
Sama dengan teori Barat, pemahaman pendidik dalam Islam ialah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Dalam Islam, orang yang paling bertanggung jawab tersebut adalah orang tua (ayah dan ibu) anak didik. Tugas pendidik dalam pandangan Islam secara umum ialah mendidik, yaitu mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didik, baik potensi psikomotor, kognitif, maupun potensi efektif. Potensi itu harus dikembangkan secara seimbang setinggi mungkin, menurut ajaran Islam.
Pengaruh pendidikan di dalam rumah tangga terhadap per-kembangan anak memang amat besar, mendasar dan mendalam. Akan tetapi, pada zaman modern ini pengaruh itu boleh dikatakan terbatas pada perkembangan aspek afektif, yaitu perkembangan sikap. Pengaruh pendidikan di sekolah juga besar dan luas serta mendalam, tetapi hampir-hampir hanya pada segi perkembangan aspek kognitif (pengetahuan) dan psikomotor (keterampilan). Pengaruh yang diperoleh anak didik di sekolah hampir seluruhnya berasal dari guru yang mengajar di kelas. Dalam konteks ini, guru yang dimaksud di sini adalah pendidik yang memberikan pelajaran kepada murid dengan mengasuh mata pelajaran tertentu di sekolah. Satu hal yang harus kita pegang bahwa guru tidak hanya memberikan pelajaran di sekolah, namun dalam pandangan Islam guru mempunyai peranan penting dan fungsi yang begitu besar selaku seorang pendidik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar